MUI dan Sejumlah Ulama Dukung Serangan Saudi

Para ulama Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi di Jakarta, Sabtu 11 April 2015, menyatakan dukungan mereka terhadap kebijakan Saudi Arabia yang memimpin pasukan koalisi untuk melancarkan operasi militer terhadap kelompok radikal Houthi di Yaman.
Para ulama yang diantaranya mewakili Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (Persis), Al Irsyad Al Islamiyah (Al Irsyad), Dewan Dakwah Islamiyah (DDI), Majleis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) dan Ikatan Dai Seluruh Asia Tenggara itu diterima Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia Mustafa Ibrahim Al Mubarak di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta.
Ali Musthafa Ya’qub, Imam Besar Masjid Istiqlal yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menegaskan bahwa apa yang terjadi di Yaman, negara berpenduduk 22 juta yang berbatasan langsung dengan Saudi Arabia di selatan Jazirah Arab bukanlah pertikaian antar kelompok agama antara Sunni dan Syiah, tapi kekerasan oleh kelompok radikal Houthi.
“Apa yang terjadi di Yaman bukan masalah konflik antar kelompok agama, tapi perilaku radikal yang diperlihatkan oleh kelompok Houthi. Kelompok ini harus segera diantisipasi karena gerakan mereka sudah seperti teroris,” kata Ali Musthafa.
Selain sejumlah ulama dari berbagai organisasi tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Wakil Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitiannya, KH Cholil Nafis, juga menyatakan dukungan serangan Koalisi Teluk yang dipimpin oleh Arab Saudi ke Yaman.
“Prinsipnya kami mendukung, dan mengerti bahwa tujuan Arab Saudi dalam melakukan serangan dalam melindungi dan menjaga,” kata KH Cholil Nafis.
Menurutnya, serangan yang dilakukan Arab Saudi dan sekutu-sekutunya terhadap kelompok Houthi di Yaman, dilakukan untuk kebaikan umat bukan karena sentimen sektarian.
“Serangan yang dilakukan Saudi bukan masalah Sunni atau Syiah, tapi lebih kepada kebaikan umat yang ada di Yaman, karena kalau didiamkan akan mengakibatkan korban yang lebih besar,” demikian ujar KH Cholis berdalih Sabutu, 11 April 2015
“Langkah Arab Saudi ini, semata-mata dilakukan untuk melindungi masyarakat Yaman. Ini yang harus ditekankan, bukan untuk perpecahan umat Islam,” tegasnya lagi.
Meski begitu, ia juga meminta agar Serangan tersebut tidak sampai menimbulkan korban dari warga sipil Yaman, terutama perempuan dan anak-anak kecil, serta orang-orang yang tidak terlibat dalam konflik itu.

Satuislam.org
Terima kasih telah membaca artikel tentang MUI dan Sejumlah Ulama Dukung Serangan Saudi di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :