Keistimewaan Nyanyian


Ibnul Qayyim berkata :

Ketahuilah, sesungguhnya nyanyian memiliki keistimewaan-keistimewaan yg memiliki pengaruh di dalam mewarnai hati dengan kemunafikan, dan tumbuhnya kemunafikan di dalam hati sebagaimana tumbuhnya tanaman karena air

Diantara keistimewaan nyanyian adalah: Nyanyian akan melalaikan hati dan menghalangi dari memahami dan merenungi Al-Qur'an serta mengamalkan isinya. Karena sesungguhnya nyanyian dan Al-Qur'an tidak akan bersatu di dalam hati selama-lamanya, karena keduanya saling bertentangan.

Al-Qur'an melarang dari mengikuti hawa-nafsu, dan memerintahkan menjaga kehormatan, menjauhi syahwat-syahwat nafsu, sebab-sebab kesesatan, dan melarang mengikuti langkah setan.

Adapun nyanyian memerintahkan kebalikan itu semuanya, menganggapnya bagus, menggerakkan nafsu menuju syahwat-syahwat kesesatan. Mengobarkan nafsu yg tersembunyi, menggelisahkan nafsu yg tenang, dan menggerakkannya menuju segala kekejian. Dan menggiringnya untuk berhubungan dengan setiap yg cantik dan yg tampan.

Nyanyian dan khamr adalah dua saudara sepersusuan, keduanya merupakan kuda pacu yg menggerakkan kepada segala kekejian. Setan telah mengikatkan persaudaraan antara keduanya. Nyanyian adalah spion hati, pencuri kesopanan dan sopir akal. Dia bergerak-gerak di tempat-tempat persembunyian hati, melihat rahasia-rahasianya, dan merayap ke tempat khayalan. Kemudian membangkitkan apa-apa yg ada di dalam hati yg berupa hawa nafsu, syahwat, ketololan dan kedunguan.

Engkau lihat seorang lelaki yg memiliki kewibawaan, akal cemerlang, keindahan iman, kehormatan Islam dan kemanisan Al-Qur'an. Jika dia mendengarkan nyanyian dan cenderung kepadanya, akalnya berkurang, sedikit malunya dan hilang kesopanannya. Keindahan dan kehormatannya meninggalkannya, setan bergembira, imannya mengadu kepada Allah Ta'ala, Qur'annya menjadi berat baginya. Qur'annya berkata: “Wahai Allah, janganlah Engkau kumpulkan aku dengan qur'an musuhmu (qur'an iblis adalah nyanyian) di dalam satu dada.”

Lalu dia menganggap baik perkara-perkara yg dianggap buruk sebelum mendengar nyanyian! Dia menampakkan dari dirinya apa yg sebelumnya dia sembunyikan. Dia berubah dari sikap tenang menjadi banyak omong dan dusta, gerakan dan lentikan dengan jari-jari.

Dia mulai memiringkan kepalanya, menggoyangkan bahunya, kedua kakinya menghentak tanah, kedua tangannya mengetuk otaknya, melompat seperti lalat, berputar seperti keledai, bertepuk tangan seperti wanita, melenguh tetapi tidak seperti banteng.

Terkadang mengaduh seperti orang sedih, terkadang terkejut seperti orang gila...Maka nyanyian akan merusak hati. Jika hati sudah rusak, hati akan bergelora di dalam kemunafikan.”[Tahrim Alat Ath-Tharb, hal. 150-151]




__________________________________________________________
Sumber: Adakah Musik Islami? oleh Muslim Atsari, Penerbit At-Tibyan hal. 57-60
Dikutip dari catatan: Afni Septrifiana
Terima kasih telah membaca artikel tentang Keistimewaan Nyanyian di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :