Waktu Yang Paling Berharga

Ketahuilah hal yang paling berharga yang ada pada diri anda, bukanlah harta ataupun anak-anak anda, tapi yang paling berharga itu adalah waktu yang masih tersisa… 


Maka jangan umbar waktu anda secara sia-sia, anda tentu paham satu detik yang berlalu, tak kan pernah kembali lagi, maka pelitlah dengan waktu anda, jangan biarkan ia terbuang sia-sia.

Renungilah nasehat Kekasih kita :


 “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum masa tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok, 4/341, dari Ibnu ‘Abbas. Hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)

Jangan sampai kita menjadi orang yang tertipu, sebagaimana disinyalir oleh nabi melalui sabda beliau :

 “Ada dua kenikmatan, banyak manusia menjadi tertipu gara-gara dua kenikmatan ini, yaitu; nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang.” (HR Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya, hadits no. 6412).

Di dalam Alquranpun Allah bersumpah atas waktu, bahwa seluruh manusia akan merugi, kecuali mereka yang beriman, beramal, dan berdakwah serta bersabar. (Al-Ashr: 1-3) Begitu juga dalam menggunakan waktu anda di internet ini, jika anda menulis, menulislah sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang positif. Dan jika anda membaca, bacalah tulisan-tulisan yang positif, yang akan memberikan sesuatu nilai positif. Ingatlah pula bahwa setiap orang akan ditanya mengenai kebaikan dan kejelekan yang ia lakukan dan semuanya akan diperhitungkan (dihisab).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 “Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya di manakah ia habiskan, (2) ilmunya di manakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya di manakah usangnya.” (HR. Tirmidzi )

Lalu, apa kiat terbaik dalam memanfaatkan waktu??berikut saya kutipkan sebuah hadis, yang bisa menginspirasi anda dalam mendayagunakan waktu anda : Bukhari meriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jadilah kamu di dunia laksana orang yang asing atau musafir yang sedang bepergian.” Ibnu Umar berkata, “Jika kamu berada di waktu sore jangan menunda-nunda amal hingga pagi hari. Kalau kamu berada di waktu pagi jangan menunda-nunda amal hingga waktu sore. Manfaatkan kesehatanmu sebelum tiba sakitmu. Dan gunakan masa hidupmu sebelum tiba matimu.”

Sudah seharusnya seorang muslim bersemangat untuk memanfaatkan waktunya dalam kebaikan. Hendaklah ia menyibukkan waktunya untuk banyak mengingat Allah, terus melakukan ketaatan kepada-Nya, dan mencari ilmu agama yang bermanfaat untuknya. Semoga Allah mengaruniakan kita ilmu yang bermanfaat dan umur yang berkah. Wassalam.

___________________
Nasrullah Azzubeiry
www.Naszubeiry.blogspot.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Waktu Yang Paling Berharga di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :