Dimana Tuhan Anda?

Tuhan di sini yang kita maksudkan tentu saja Allah azza wa jalla, zat yang maha sempurna dan maha segala-galanya, dan Pertanyaan di atas bisa jadi penting bisa jadi juga tidak penting, tapi jika anda coba bertanya pada orang sekitar anda, maka anda akan menyadari betapa pentingnya pertanyaan itu, dan jauh lebih penting lagi adalah jawaban dari pertanyaan tersebut.

Kalau anda tidak percaya, silahkan coba sekarang, ya sekarang juga, anda tanya pada orang-orang di sekitar anda saat ini, teman, istri/suami,anak, saudara atau mungkin tetangga……hayooooooooo.


Bagaimana????berapa orang yang anda tanya??????saya yakin anda tidak akan mendapatkan jawaban yang seragam!!bagaimana mungkin??????kaum muslimin yang sholat 5 waktu sehari semalam, menyembah Allah yang maha besar, tapi berbeda beda dalam menjawab dimana Tuhan mereka??atau mungkin ada yang tidak tahu atau ragu dimanakah Tuhan??????

Oke, sekarang untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu saja lebih meyakinkan kalau kita mendengar pernyataan Tuhan langsung tentang keberadaanNYA. Sebagaimana anda jika ingin tahu dimana seseorang berada, tentu saja jawaban dari dia lebih meyakinkan dan menentramkan anda.

Mari kita mulai sekarang, silahkan ambil AlQuran terjemahan anda, kita coba buka lembar demi lembar penjelasan Allah dalam firmanNYA.

1. Quran surat Thoha (surat ke 20) ayat ke 5

الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى


(Rabb) Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas `Arsy.”

2. QS. Al-A‘raf(7) : 54, Yunus (10): 3, Ar-Ra’d (13): 2, Al-Furqan(25) : 59, As-Sajadah (32) : 4, dan Al-Hadid (57): 4

ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ

“Kemudian Dia Istiwa` (bersemayam) di atas ‘Arsy.”

3. Quran Surat Al-Mulk(67) ayat ke 16

أَأَمِنتُم مَّن فِي السَّمَاء أَن يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ

“Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di atas langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?”.

4. Quran Surat An-Nahl (16) ayat ke 50

يَخَافُونَ رَبَّهُم مِّن فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)”.

Di dalam sebuah hadispun kita dapatkan riwayat berikut :

Dari Mu’awiyah bin Al-Hakam As-Sulamy radiyallahu ‘anhu, dia mendatangi nabi kemudian berkata ” …Wahai Rasulullah, bolehkah saya memerdekan budakku ?. Rasulullah menjawab : “Datangkanlah dia”, maka saya mendatangkannya. Kemudian Rasulullah bertanya kepadanya : “Dimana Allah?”. Dia menjawab : “Di atas langit”. Dan beliau bertanya (lagi) : “Siapakah aku?”. Dia menjawab : “Engkau adalah Rasulullah”. Kemudian beliau bersabda : “Merdekakanlah dia karena sesungguhnya dia adalah seorang yang mukminah”. ( HR. Muslim no. 537).

Adapun pengetahuan, pendengaran dan penglihatan Allah tentu saja meliputi seluruh alam, tidak ada yang tersembunyi dari penglihatanNYA, tidak ada yang luput dari pendengaranNYA, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu, apa yang telah terjadi, apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi, sejak dari terciptanya alam hingga di akherat yang kekal kelak!!

Bagi kita cukup meyakini tentang keberadaan Allah di atas arsy, tanpa perlu mempertanyakan tentang cara bersemayam atau tentang arsy, bagaimana bentuknya, begini dan begitu, karna arsy adalah perkara ghaib, dan terhadap yang ghaib kita diperintahkan untuk mengimaninya.

Wallohua’lam bis showab.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Dimana Tuhan Anda? di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :