Dengki Membuatmu Menderita

Meskipun hidup kita telah penuh kenikmatan, sering kita saksikan orang lain mendapatkan kenikmatan lebih besar dari kita; baik kecantikannya, hartanya, maupun kedudukannya. Dll.
Bagaimana kita menyikapi hal ini ?
Yang paling tepat adalah kita menghayati firman Allah Ta'ala :

" Dan Allah melebihkan sebagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rizki" (Qs. An-Nahl:71)

Itu artinya, kalau kita mendapatkan kelebihan dibandingkan orang lain, semata-mata karena karunia Allah, maka orang lain yang mendapatkan kelebihan dibandingkan kitapun, semata-mata karena karunia Allah.

Maka jika kita melihat kelebihan orang lain kepada kita, ingatlah firman Allah ta'ala :

"Itulah karunia Allah Ta'ala, diberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya"(Qs. Al-Hadid:21)

Saudaraku.......
Sikap ini penting kita miliki untuk menghalau sebuah penyakit hati yang sangat berbahaya bagi kita, yaitu Dengki. Karena penyakit dengki bukan semata-mata disebabkan karena dirinya kekurangan sementara orang lainmendapatkan kelebihan, tapi lebih disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang menata hatinya.

Jika kita perhatikan dengan seksama, orang yang kita anggap memiliki kelebihan tersebut, dia mesti juga memiliki kekurangan di sisi lain yang tidak ada pada kita, atau sebaliknya, kita akan memiliki kelebihan di sisi lain yang tidak ada pada dia.

karena itu saudaraku, jauhkan sifat dengki itu dari diri kita. Karena dia hanya membuat diri kita tersiksa dan tidak dapat menata kehidupan kita dengan normal. Bahkan di sisi lain hanya akan semakin menumpuk dosa-dosa kita. Sebab, dengan sifat dengki tersebut, akan mudah lahir keburukan-keburukan berikutnya, seperti menggunjing, memfitnah, mencuri, dusta, pertengkaran dan permusuhan. Bahkan tak jarang melahirkan perbuatan yang lebih berbahaya dari itu seperti kekufuran dan kesyirikan dalam bentuk sihir dan santet.
Benarlah kalau dikatakan :

" Jauhilah penyakit dengki, karena dengki akan melumatkan kebaikan anda sebagaimana api melumatkan kayu bakar "*

Disamping itu, kalau penyakit dengki dibiarkan berada dalam diri kita, maka jiwa kita akan semakin tertekan, karena kita akan selalu mendapatkan adanya kelebihan yang berada pada orang lain, meskipun kita telah berusaha mengejarnya.

Jadi saudaraku....
Lapangkanlah dada kita, apa yang menjadi kelebihan orang lain, sesungguhnya karunia Allah Ta'ala kepadanya, sebagaimana kitapun telah dikaruniakan Allah Ta'ala banyak hal yang mungkin tak ada pada orang lain.

Kalau gitu.....apa gunanya iri dan dengki ?, 'nyusahin diri aja!!!!

***
Nasehat dari hati ke hati,hal.14, Abdullah Haidir

*Riwayat Abu Dawud...Didhoifkan Oleh S.Albani.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Dengki Membuatmu Menderita di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :