Hati-Hati Dengan HATI

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi,lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar?Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta,tetapi yang buta,ialah hati yang di dalam dada" (QS AL-Haj{22}:46).

URGENSI HATI

      Hati merupakan salah satu organ internis manusia yang terpenting,Ia menjadi tempat seluruh perasaan jiwa,kekuatan pikiran dan keyakinan manusia. Perasaan cinta, benci, bahagia, gelisah, marah,  takabbur, tawadhu, yakin dan ragu muncul di hati.

      Karenanya hati sangat menentukan baik dan buruk manusia secara menyeluruh.Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi waa sallam,"Ingatlah bahwa di dalam tubuh manusia ada segumpal organ,bila ia baik maka baiklah seluruh tubuh manusia itu.Dan bila dia rusak,maka rusaklah seluruh tubuhnya.Organ itu adalah hati (qolbu)"(HR Bukhari 1/126 dan Muslim X1/27,28).
      Ayat diatas menjelaskan bahayanya hati yang buta yang tidak pernah bisa memahami makna kehidupan dan tidak dapat mengambil ibrah (pelajaran) dari kehancuran kaum-kaum sebelumnya.Tidak bisa membedakan haq (benar) dan batil.
     Ketika menafsirkan ayat tersebut,Ibnu Katsir-rahimahullah.menukil ucapan Ibnu Abi'd Dun'ya,'Sebagian ahli hikmah pernah mengatakan:"Hidupkan hatimu dengan mauizhah (nasehat).Sinari ia dengan tafakkur(kontemplasi,perenungan).matikan dengan zuhud,  kuatkan dengan keyakinan,hinakan dengan kematian,putuskan dengan kehancuran, perlihatkan kepahitan dunia,tanamkankan kewaspadaan terhadap perputaran waktu, perlihatkan padanya berita-berita kaum terdahulu,ingatkan dengan apa yang menimpa orang-orang sebelumnya, perjalanan ia ke negri-negri mereka dan bekas-bekas peninggalan mereka dan biarkan hati itu melihat apa yang telah mereka perbuat dan kehancuran serta kebinasaan yang menimpa mereka"(Tafsir Ibnu Katsir III/438-439). maka Hati-Hati Dengan HATI

PEMBANGKITAN HATI
       Merujuk pada ayat-ayat Al-Qur'an, para ulama membagi hati menjadi 3(tiga)macam:

1.Al-Qalb As Salim (Hati Yang Suci Bersih)
   Inilah hati yang akan membawa kebahagiaan dunia dan kahirat bagi pemiliknya sebagaimana firman ALLAH:"Pada hari di mana tiada gunanya lagi harta dan anak,kecuali orang yang datang kepada ALLAH dengan hati yang sehat."(Q.S.Asy Syu'araa'(26):88-89).
     Salim atau sehat adalah lawan sakit.Artinya hati tersebut sehat dan selamat dari semua penyakit syahwat yang menentang perintah ALLAH dan larangan-NYA.Juga sehat dan selamat dari semua penyakit syubhat yang menentang berita-NYA.karenanya,ia selamat dari penyembahan kepada selain ALLAH.Jika ia cinta,maka cintanya karena ALLAH,Dan ia benci,maka bencinya pun karena ALLAH.
     Inilah hati yang bersih dari noda,sehingga menjadi jernih dalam melihat,menimbang dan menilai sebuah masalah,Ia menjadi lembut dan memiliki empati,sehingga mudah tersentuh,memiliki kecerdasan emosi,sehingga menjadi sangat terkendali dan jauh dari sifat-sifat kekakuan,kekasaran dan kekerasan.Sementara itu kuat artinya tahan bantingan,tidak mudah retak apalagi pecah,Hati yang bersih melahirkan sifat sabar tangguh,tidak mudah kusut dan menyerah ketika menghadapi ujian,tangtangan,dan cobaan.
      Walhasil,terkumpul padanya semua jenis kebaikan dan kebajikan.Dalam konteks kehidupan rumah tangga,maka hati yang bersih yang di miliki oleh seorang suami dan istri akan menghadirkan keharmonisan kehidupan rumah tangga sehingga menjadi rumah tanggga,sakinnah ,mawaddah,warrahmah.amiin

2.Al Qalb Al Mayyit (Hati yang Mati)
   Hati yang tak ada kehidupan di dalamnya,sehingga tidak mengenal Robbnya dan senantiasa hidup dalam gelimang dosa dan maksiat.Tidak pernah berubah meskipun sudah dibombardir dengan ayat-ayat ALLAH dan Hadits-hadits Nabi Shallallahu 'alaihi waa sallam seperti di sinyalir dalam firman ALLAH:"Sesungguhnya orang-orang kafir,sama saja bagi mereka,kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan,mereka tidak akan beriman.Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka,dan penglihatan mereka di tutup.Dan bagi mereka siksa yang amat berat"(QS.A-Baqarah(2):6-7).
       Hati yang semacam ini jika sudah menang dengan syahwatnya,maka tidak akan pernah memperdulikan lagi TUHANnya ridha atau tidak.Karenanya,ia menyembah kepada selain ALLAH.Jika ia cinta,maka cintanya karena hawa nafsunya.Dan jika ia benci,maka bencinyapun karena hawa nafsunya.Hawa nafsu benar-benar menjadi imamnya.Panglimanya adalah Syahwat,sopirnya adalah kebodohan dan kendaraannya adalah kelalaian.
       Karenanya bergaul dengan pemilik hati ini adalah penyakit.Berinteraksi dengannya adalah racun dan duduk bersamanya dalah kebinasaan.
       Hati yang buta sebagaimana di singgung ayat di atas adalah analogi dari dari hati yang mati ini.Selain itu,Al-Qur'an menyamakan jenis hati ini dengan batu yang keras sebagaimana firman ALLAH,"Kemudian setelah itu hati kalian menjadi keras seperti batu,atau lebih keras dari itu......"(QS Al-Baqarah(2)74),yang di cirikan dengan munculnya sifat-sifat tercela.
       Ibarat besi,hati yang mati itu telah berkarat sehingga susah,Jika tidak boleh di bilang mustahil-untuk di harapkan hidup,apalagi bersih.
       ALLAH Subhanahau wa ta'ala berfirman,"Sekali-kali tidak (demikian).Bahkan telah menutupi hati mereka karena apa-apa yang mereka kerjakan."(QS. Al-MMuthafffifin(83):14). Sehingga yang dominan dalam hidupnya adalah kekufuran,kezhaliman,dan kemaksiatan serta keburukan.
     Dan Al-Qur'an ketika menyinggung hati yang mati,konteksnya adalah orang-orang kafir.Karena itu,seorang mukmin harus selalu mewaspadai diri untuk menjauh dari hati yang mati ini.Keluarga SAMARA hanya ada dalam mimpi tidak kan pernah terealisasi jika suami dan istri hatinya mati.

3.Al Qalb Al Maridh ( Hati Yang Sakit )
   Hati yang terdapat di dalamnya kehidupan,namun juga terdapat penyakit.Antara Mahabbatullah ( Mencintai ALLAH ) Mahabbatusy Syahawaat (Mencintai Syahwat)bertarung dan berkecamuk menjadi satu dalam hati.Inilah hati orang-orang munafik.ALLAH
Subhanahau wa ta'ala Berfirman:"Dalam hati mereka ada penyakit,lalu ditambah ALLAH penyakitnya;dan bagi mereka siksa yang pedih,disebabkan mereka berdusta"(QS Al-Baqarah(2)10).
     Al Qur'an menyinggung hati semacam ini ketika berbicara tentang sifat-sifat orang-orang munafik. Karenanya jenis hati ini pun berbahaya.Namun masih ada harapan untuk sembuh. Sebab,setiap penyakit pasti ada obatnya.
      Akhirnya, mari kita hati-hati dengan hati kita. Kesengsaraan dan Kebahagiaan muncul dari hati, dan kebahagiaan hanya ada pada Hati yang HIDUP, bukan hati yang sakit apalagi hati yang mati. Dan hati akan hidup, sepanjang kita mentauhidkan ALLAH dan mengamalkan Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi waa sallam. Ingatlah Hati-Hati Dengan HATI !!!

__________________________
ratih1727.multiply.com/journal/item/88
Terima kasih telah membaca artikel tentang Hati-Hati Dengan HATI di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :