Dakwah Salaf Bukan Dakwah Hizbiyah


Nasihat Asy Syaikh Sholeh bin Sa'ad As Suhaimi hafizhahullah :


Berhati-hatilah dari sikap tergesa-gesa menghukumi yang lain. Berhati-hatilah dari sikap tergesa-gesa saat menemukan kesalahan saudaramu. Sebagian pihak terburu-buru menghukumi saudaranya padahal mereka adalah pengikut manhaj yang satu. Sehingga mereka memaksakan diri. Mereka menulis bukan pada tempatnya, dan menggunakan bukti-bukti yang maksud sebenarnya tidak seperti perkiraan mereka.

Didatangkan perkataan dari saudara-saudara mereka dengan cara yang mengherankan. Dalam melakukannya, dia seperti orang yang berilmu, arogan, berkata kasar, dan hal lain yang tidak bisa dibayangkan. Berhati-hatilah dari cara yang demikian.

"Serulah pada jalan Tuhanmu dengan hikmah, dengan pengajaran yang baik, dan debatlah mereka dengan cara yang baik." [QS. An Nahl : 125]

Saya ingatkan kalian dari perilaku mempelintir ucapan ulama, lalu mengarahkannya tidak seperti yang mereka maksud. Beberapa pihak mendatangi ulama terhormat dan syaikh terkenal, kemudian bertanya :

"Ya syaikh bagaiamana menurut anda orang yang berkata demikian dan demikian."

Dan Syaikh menjawab sesuai, bagus, tegas dan menempatkan pada tempatnya. Tidak lama kemudian muncul di website, dengan cara yang berbeda. Jawaban tersebut diposting secara zhalim dan berbau permusuhan, diletakkan dengan judul :

"Syaikh fulan telah membantah fulan."

Kemudian mengklaim bahwa pihak yang ditanyakan tadi telah ditolak oleh ulama atau penuntut ilmu lain yang berjalan di atas manhaj ulama. Ini merupakan bahaya yang besar, membelokkan ucapan dari tempat yang semestinya. Websitenya penuh berisi dengan hal-hal seperti ini, maka berhati-hatilah, berhati-hatilah, berhati-hatilah.

Hindari website-website seperti ini, jauhilah yang demikian
. Website-website tersebut tidak ada kepedulian kecuali menyodorkan kepada pemuda-pemuda yang pikirannya masih hijau sehingga menjatuhkan kemuliaan seorang penuntut ilmu.

Dikatakan "Mereka telah berpaling begini dan begitu," dan perkataan-perkataan lain yang serupa. Ini seperti orang badui yang berkata :

"Si fulan bersama serigala dan berjalan bersama domba."

Kamu akan menemukan orang yang menempuh jalan ini, mereka selalu berubah dan tidak konsisten. Hari ini mereka berteman dengan si A, besoknya bersama si B atau si C.

Berhati-hatilah dalam menghukumi atau dakwahmu akan menjadi dikotomi pihak-pihak tertentu. Ini adalah sikap hizbiyyah yang nyata, yang kita selalu memperingatkan darinya, kelak bisa terjatuh dari arah yang tidak kita sangka.

Sumber dari sini
Terima kasih telah membaca artikel tentang Dakwah Salaf Bukan Dakwah Hizbiyah di blog TEGAK DI ATAS SUNNAH jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :